mengasah keterampilan merajut kata menyulam cipta

Minggu, 14 Januari 2018

Wewaton Panulise Basa Jawa nganggo Aksara Jawa

S. Padmosoekotjo merupakan salah seorang dari sedikit orang Jawa yang produktif menulis buku-buku tentang kaidah bahasa Jawa. Wewaton Panulise Basa Jawa nganggo Aksara Jawa adalah salah satu karya monumental beliau. Pantulkit belum menjumpai buku panduan penulisan huruf Jawa selengkap ini. Buku ini diterbitksan oleh PT Citra Jaya Murti, Surabaya pada 1984 dan sampai 1987 telah mengalami tiga kali cetak ulang. Entah, masih ada cetakan yang lebih baru setelah itu atau tidak, yang pasti cetakan asli buku ini sudah langka di pasaran.

Beruntung, ada pihak-pihak yang berbaik hati merawat buku tersebut melalui digitalisasi, terlepas dari keabsahannya terkait hak cipta. Pantulkit menemukan dua dokumen: (1) buku-el hasil pengetikan ulang (sekaligus di-pdf-kan) oleh Suhadi Jogja dan (2) berkas Wikisource. Dibanding berkas Wikisource, karya Suhadi Jogja lebih nyaman dibaca karena sudah didesain sebagai buku elektronik. Namun, sayangnya, terjadi misfont di beberapa bagian.

Lanjut ke versi Suhadi Jogja
Lanjut ke versi Wikisource
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Tembe Krasa #3 (Cerkak)

Ora krasa wis kliwat Nguter. Nyumurupi plengkung “Selamat Datang” ing gapura kikis kabupatèn, kaya disengkakaké anggoné Pak Didik...

Translate

Wikipedia

Hasil penelusuran

dari Catatan Kang Gw

dari Bale Sinau

Teman Pantulkit