mengasah keterampilan merajut kata menyulam cipta

Minggu, 14 Januari 2018

Bentuk dan Pilihan Kata

"Perobahan standard pekerjaan tidak akan mempengaruhi efektivitas kerja jika para pekerja tidak merubah pola pikir dalam mensikapi standarisasi baru itu."

Sadarkah kita bahwa tujuh kata yang dicetak miring dalam kalimat di atas semuanya salah? Perobahan dan merubah adalah bentukan dari kata dasar ubah yang mestinya menjadi perubahan dan mengubah. Kata standard (Inggris) diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi standar. Sementara, kata standardisation diserap utuh menjadi standardisasi; tidak terdapat bentukan standar + isasi karena akhiran isasi tidak dikenal dalam bahasa Indonesia. Kata pengaruh ketika mendapat gabungan imbuhan meng-...-i menjadi memengaruhi, bukan mempengaruhiEfektivitas adalah bentuk yang salah karena ...-itas merupakan adaptasi unsur serapan dari sufiks ...ity (Inggris), sedangkan dalam bahasa Inggris tidak ditemukan kata effectivity (yang ada: effectiveness). Bahasa Indonesia menyerap kata effective menjadi efektif. Untuk membentuk nomina, kata efektif (adjektiva) diberi konfiks ke-...-an menjadi keefektifan. Kata sikap bila diberi awalan meng- menjadi menyikapi.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah menerbitkan buku-el yang mengupas seluk beluk bentuk dan pilihan kata.

Lanjut ke Bentuk dan Pilihan Kata
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Tembe Krasa #3 (Cerkak)

Ora krasa wis kliwat Nguter. Nyumurupi plengkung “Selamat Datang” ing gapura kikis kabupatèn, kaya disengkakaké anggoné Pak Didik...

Translate

Wikipedia

Hasil penelusuran

dari Catatan Kang Gw

dari Bale Sinau

Teman Pantulkit